SIFAT-SIFAT AKUNTANSI

SIFAT-SIFAT AKUNTANSI
Muhammad Akram Khan (Khir dalam Harahap, 1992) merumuskan sifat akuntansi Islam sebagai berikut:
1. Penentuan laba rugi yang tepat.
Walaupun penentuan laba rugi agak bersifat subjektif dan bergantung nilai, kehati-hatian harus dilaksanakan agar tercapai hasil yang bijaksana (atau dalam Islam sesuai dengan Syariah) dan konsisten sehingga dapat menjamin bahwa kepentingan semua pihak pemakai laporan dilindungi.

2. Mempromosikan dan menilai Efisiensi Kepemimpinan.
Sistem akuntansi harus mampu memberikan standar berdasarkan hukum sejarah untuk menjamin bahwa manajemen mengikuti kebijaksanaan yang baik.

3. Ketaatan kepada Hukum Syariah.
Setiap aktifitas yang dilakukan oleh unit ekonomi harus dinilai halal haramnya. Faktor ekonomi tidak harus menjadi alasan tunggal untuk menentukan berlanjut tidaknya suatu organisasi.
4. Keterikatan pada keadilan
Karena tujuan utama dalam Syariah adalah penerapan keadilan dalam masyarakat seluruhnya, informasi akuntan harus mampu melaporkan (selanjutnya mencegah) setiap kegiatan atau keputusan yang dibuat untuk menambah ketidak adilan dalam masyarakat.
5. Melaporkan dengan baik
Telah disepakati bahwa peranan perusahaan dianggap dari pandangan yang lebih luas (pada dasarnya bertanggung jawab pada masyarakat secara keseluruhan). Nilai sosial ekonomi dari ekonomi Islam harus diikiti dan di anjurkan. Informasi akuntansi harus berada dalam posisi yang terbaik untuk melaporkan hal ini.
6. Perubahan dalam praktek akuntansi
Peranan akuntansi yang demikian luas dalam kerangka Islam memerlukan perubahan yang sesuai dan cepat dalam praktek akuntansi sekarang. Akuntansi harus mampu bekerja sama untuk menyusun saran-saran yang tepat untuk mengikuti perubahan ini.

~ oleh rahma pada April 10, 2009.

Satu Tanggapan to “SIFAT-SIFAT AKUNTANSI”

  1. Makasih atas ilmunya….semoga bermanfaat dunia en akherat…
    terus di update ukh informasi mengenai akuntansi, khususnya akuntansi syariah. coz lima tahun kedepan akuntan syariah akan buming…….

Tinggalkan komentar